Kamis, 05 Juni 2014

JURNAL ILMIAH

Jurnal Ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah. Untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagaipeer review (penelaahan sejawat).
Terdapat berbagai jurnal ilmiah yang mencakup semua bidang ilmu, juga ilmu sosial danhumaniora. Penerbitan dalam bentuk artikel ilmiah biasanya lebih penting untuk bidang ilmu pengetahuan alam maupun kedokteran dibandingkan dengan bidang akademik lain. Jurnal ilmiah digunakan sebagai bahan referensi oleh kalangan akademik (mahasiswa
Lembaga-lembaga pendidikan tinggi biasanya menerbitkan jurnal-jurnal ilmiahnya sendiri untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan tulisan mahasiswa dan dosennya. Jurnal-jurnal nasional dari berbagai universitas atau perguruan tinggi indonesia atau luar negeri selain menerbitkan versi cetak tapi juga banyak yang telah menerbitkan versi onlinenya.
Pedoman Umum Penulisan Artikel
Ada aturan-aturan baku yang disyaratkan untuk mempublikasikan kedua jenis artikel ilmiah ke dalam sebuah jurnal ilmiah. Pedoman umum aturan penulisan artikel tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa  Inggeris dengan kerapatan baris 1,5 spasi, font Times New Roman 12, ukuran kertas A4, format satu kolom, dan margin  last costum setting  (top 2,54 cm; left 2,80 cm; bottom 2,54 cm; right 2,54 cm).
  2. Panjang artikel ilmiah hendaknya tak lebih dari 4.000 kata atau kurang lebih 10-15 halaman, termasuk gambar, grafik atau tabel (jika ada) yang menyertainya.
  3. Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam 
    huruf miring (italic).
  4. Tinjauan pustaka (literature review) tidak dicantumkan sebagai bagian dari 
    struktur artikel. Dengan demikian pengutipan pustaka yang dianggap penting 
    dapat dipadukanm dalam bagian pendahuluan (Introduction) atau dalam 
    pembahasan. Pengutipan pustaka dalam pembahasan seperlunya saja dan yang 
    2 lebih diutamakan adalah pembahasan terhadap hasil analisis data yang ditemukan 
    sendiri.
  5. Artikel ilmiah dari skripsi mahasiswa yang akan dimuat di jurnal ilmiah harus ada 
    lembar persetujuan dari pembimbing, dan pernyataan bahwa karya tersebut bukan 
    plagiat.
  6. Nama jurnal yang akan memuat artikel tersebut harusditulis pada catatan kaki 
    (footer) pada setiap halaman sebagai berikut: Nama jurnal,Vol…. No…..
Struktur Artikel Ilmiah
Ada dua macam artikel ilmiah, yaitu artikel ilmiah  hasil penelitian dan non penelitian. Secara umum struktur artikel ilmiah hasil penelitian dan artikel ilmiah non penelitian relatif sama. Pada artikel non penelitian tidak ada bagian metode. Struktur artikel ilmiah hasil penelitian terdiri atas 10 bagian utama yaitu: (1) judul (2) baris kepemilikan; (3) abstrak; (4) kata kunci; (5) pendahuluan; (6) metodologi; (7) hasil; (8) pembahasan; (9) simpulan dan saran; dan (10) daftar rujukan. Adapun struktur artikel ilmiah non penelitian terbagi menjadi 8 bagian utama yaitu: (1) judul; (2) baris kepemilikan; (3) abstrak; (4) kata kunci; (5) pendahuluan; (6) pembahasan; (7) simpulan dan saran; dan (8) daftar pustaka. 
Direktori Jurnal Ilmiah Nasional
Berikut ini diberikan alamat-alamat jurnal ilmiah dalam lingkup nasional dari institusi-institusi perguruan tinggi di Indonesia. Saya berikan jurnal ilmiah pendidikan saja ya, karena mahasiswa saya kan paling banyak dari prodi pendidikan. 
Jurnal UPI
Alamat Website: http://jurnal.upi.edu
Daftar Jurnal UPI: 
  • Mimbar Pendidikan
  • Educationist
  • Pendidikan Dasar
  • Media Pendidikan Gizi dan Kuliner
  • Saung Guru
Jurnal Guru Tasikmalaya ini merupakan jawaban atas urgensi kebutuhan para dosen dan guru sekolah dasar dalam rangka tuntutan karir sebagai tenaga pendidik.
Penelitian Pendidikan
“Jurnal Penelitian Pendidikan” media informasi, bernama “Warta Penelitian Pendidikan” pada tanggal 20-10-1980 berganti nama “Mimbar Pendidikan”. sejak 2001 berganti menjadi “Jurnal Penelitian Pendidikan”
  • ABMAS
Jurnal Abmas adalah merupakan salah satu wadah Komunikasi ,  Informasi dan sosialisasi Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, yang menampung aspirasi berupa ide, Konsep, Hasil Penelitian, Action Research, Pengembangan Wilayah Terpadu, Kuliah Kerja Nyata.
International Journal of Education
Pendidikan Luar Sekolah
Jurnal PLS menrupakan media informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan non formal dan informal
  • Pedagogia
  • INSIGHT
  • MANAJERIAL
  • Metodik Didaktik
Jurnal Metodik Didaktik lahir dari keperihatinan civitas akademika UPI Kampus Purwakarta terhadap minimnya karya tulis ilmiah baik hasil penelitian maupun kajian setara penelitian tentang pendidikan ke-SD-an.
  • PsikopedagogiA
Merupakan media untuk menyebarluaskan hasil penelitian, kajian dan gagasan di bidang psikologi pendidikan, evaluasi pendidikan serta bimbingan dan konseling. Penyunting menerima dan berhak menyunting tulisan yang masuk tanpa mengubah isi.
Bimbingan dan Konseling Pendidikan
  • HISTORIA
Diterbitkan sejak 15 Juni 2000 oleh Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, dengan subjudul Jurnal Pendidikan Sejarah dan ISSN 0215-1073. Terbit setahun dua kali, yakni setiap bulan Juni dan Desember.
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar