Sabtu, 11 Januari 2014

7 Gereja Tertua/Paling Tua di Dunia

Tahukah Anda 7 bangunan gereja tertua di dunia yang masih berdiri tegak sampai saat ini? Mungkin tidak banyak yang tahu.
Usut punya usut, berdasarkan Guinness World Records, ada loh bangunan gereja tertua di dunia. Menurut catatan tersebut, pemegang rekor gereja tertua di dunia adalah Gereja Dura Europos yang terletak di sebelah timur Suriah. Diperkirakan bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 232 Masehi. Akan tetapi pada tahun 1930 an, arkeolog dari Universitas Yale membongkarnya dan membangun kembali tiruannya di Amerika Serikat.
Nah, berikut ini kita akan daftarkan 7 bangunan gereja paling tua yang pernah dikenal orang modern:

7. Gereja Santo Simeon Stylites (Suriah)

Gereja Tertua di Dunia Gereja Santo Simeon Stylites
Gereja Santo Simeon Stylites masih terawat dengan baik hingga saat ini. Gereja ini terletak sekitar 30 km barat laut dari Aleppo, Suriah. Gereja yang berdiri sejak abad ke-5 ini dinamai demikian mengingat nama seorang biarawan terkenal bernama Simeon Stylites. Kadangkala bangunan ini disebut sebagai ‘Benteng Simeon’.

6. Katedral Trier (Jerman)

Gereja Tertua di Dunia Katedral Trier Jerman
Katedral Trier terletak di Trier, Rhineland-Palatinate, Jerman. Bangunan ini adalah katedral tertua di negara Jerman. Akan tetapi bentuknya sudah banyak mendapat sentuhan dari beberapa generasi. Sejak tahun 1986 katedral ini telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

5. Gereja Dara Maria dari Sion (Etiopia)

Gereja Paling Tua di Dunia Gereja Dara Maria dari Sion
Gereja ini adalah bangunan gereja ortodok paling penting di Etiopia. Bangunan asli gereja ini diyakini dibangun pada abad ke-4 pada masa pemerintahan Ezana, kaisar Kristen Ethiopia pertama dan telah dibangun kembali beberapa kali sejak itu. Gereja adalah di kota Axum di Provinsi Tigray. Setelah mengalami beberapa pemugaran, Kaisar Fasilides memperbesar ukurannya pada abad ke-17.

4. Basilika Santo-Pierre-aux-Nonnains (Perancis)

Gereja Paling Tua di Dunia Basilika Santo Pierre
Basilika ini adalah bangunan gereja bersejarah di Metz, Perancis. Gereja ini dibangun pada tahun 380 Masehi dan merupakan salah satu gereja tertua di Eropa. Bangunan ini sebenarnya bangunan milik pemerintah Romawi. Akan tetapi mulai abad VII digunakan menjadi kapel biara Benediktin.

3. Biara Santo Antonius (Mesir)

Gereja Tertua di Dunia Biara Santo Antonius
Biara ini berdiri di sebuah oasis di Gurun Timur Mesir. Tersembunyi jauh di pegunungan Laut Merah, terletak 334 km (207 mil) tenggara dari Kairo. Gereja ini adalah salah satu biara tertua di dunia, dan didirikan oleh para pengikut Santo Antonius, yang dianggap sebagai biarawan asketis pertama. Biara ini adalah salah satu biara yang paling menonjol di Mesir dan telah sangat mempengaruhi pembentukan beberapa Gereja Koptik.

2. Gereja Megido (Israel)

Gereja Tertua di Dunia Gereja Megido Israel
Gereja yang terletak di Tel Megido, Israel ini adalah salah satu bangunan gereja tertua yang pernah ditemukan oleh arkeolog. Bangunan ini telah berdiri sejak abad ke-3. Pada tahun 2005, seorang arkeolog Israel bernama Yotam Tepper dari Universitas Tel-Aviv menemukan sisa-sisa gereja ini, yang diyakini berasal dari abad ketiga, saat orang Kristen masih dianiaya oleh Kekaisaran Romawi.

1. Gereja Dura Europos (Suriah)

Gereja Tertua dan Paling Tua di Rekor Dunia Gereja Dura Europos Suriah
Seperti yang telah disebutkan di atas, Gereja Dura Europos yang terletak di sebelah timur Suriah ini menjadi pemegang rekor gereja tertua di dunia. Diperkirakan bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 232 Masehi. Akan tetapi pada tahun 1930 an, arkeolog dari Universitas Yale membongkarnya dan membangun kembali tiruannya di Amerika Serikat.

Sumber : http://pargodungan.org/7-gereja-tertua-paling-tua-di-dunia-rekor/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar