Kamis, 10 Januari 2013

Menanggulangi Penyakit Diabetes


Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok setiap orang karena penyakit ini cukup mematikan. Terlebih lagi, terkadang gejala nya kurang terlihat sehingga membuat penderita terlambat menyadarinya. Ditambah lagi, kebanyakan orang juga masih beranggapan bahwa penyakit diabetes merupakan penyakit keturunan dan hanya diderita para orang tua lanjut usia. Padahal pada kenyataannya, penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan juga tidak hanya keturunan semata. Kesalahan dalam pola makan dan pola hidup tidak sehat serta ketidaktahuan bagaimana cara penanggulangan diabetes menjadi penyebab utama diabetes.  Menderita diabetes menjadi satu hal yang membuat frustasi karena terlalu banyak pantangan berkaitan dengan makanan yang harus dibatasi.
Seperti pepatah lama, tentu saja akan jauh lebih baik untuk mencegah daripada mengobati. Sehingga, anda perlu mengetahui cara penanggulangan diabetes sehingga anda dan keluarga tidak sampai menderita penyakit ini. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda aplikasikan dalam kehidupan anda sehari-hari.

Mengatur Pola Makan
Hal terpenting yang sering menjadi sebab penyakit diabetes adalah pola makan yang salah. Salah satu cara penanggulangan diabetes secara effektif adalah dengan mengatur pola makan anda dengan berpatokan pada prinsip empat sehat lima sempurna. Lengkapi gizi dan nutrisi tubuh anda secara seimbang tanpa ada satu yang terlalu berlebih terutama pada konsumsi protein hewani. Berdiet akan lebih baik untuk menghindari obesitas. Karena obesitas sangat erat kaitannya dengan kadar gula dalam darah. Sehingga cara penanggulangan diabetes dengan cara mengontrol berat badan, berarti juga mengontrol kadar gula.

Rutin berolahraga dan Mengatur Waktu Tidur
Selain mengontrol makanan, penting sekali bagi anda untuk berolahraga secara rutin. Dengan berolahraga, tubuh akan terbantu dalam membakar lemak lebih banyak sehingga tubuh akan terasa lebih segar. Selain itu, metabolism akan lebih lancer sehingga anda pun akan lebih sehat, jauh dari berbagai penyakit termasuk diabetes. Mengatur waktu tidur juga penting sebagai salah satu cara penanggulangan diabetes. Pola tidur yang berantakan dapat menurunkan imun tubuh sehingga mudah terserang penyakit. Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup sehingga anda perlu menyisihkan waktu untuk tidur atau istirahat secukupnya.

Disiplin dalam Pemberian Insulin
Ketika diabetes sudah menyerang, maka pemberian insulin secara disiplin perlu dilakukan sebagai cara penanggulangan diabetes. Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan insulin dimana kadar insulin yang diproduksi tubuh penderita diabetes jauh lebih kecil dibanding kebutuhan sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar